Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGARUH VIDEO LEARNING MULTIMEDIA DAN BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN ANAK DI KELAS IBU BALITA DUSUN PESANTREN, KEPANJEN
Prodi | : PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN MALANG |
Pengarang | : ANEKE SEKAR FADILA |
Dosen Pembimbing | : Naimah, SKM., M.Kes. Isman Amin, SKM., M.Kes. |
Klasifikasi/Subjek | : , Kelas ibu balita, Video learning multimedia dan buzz group, Pengetahuan |
Penerbitan | : , Malang: 2018. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
ABSTRAK Fadila, Aneke Sekar. 2018. Pengaruh Video Learning Multimedia dan Buzz Group terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Anak di Kelas Ibu Balita. Skripsi Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan, Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Malang. Pembimbing Utama: Naimah, SKM., M.Kes. Pembimbing Pendamping: Isman Amin, SKM., M.Kes. Kelas ibu balita merupakan kelas yang para ibu yang mempunyai anak berusia antara 0 sampai 5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat dan pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dibimbing oleh fasilitator. Penyampaian informasi yang tepat dan relevan pada kelas ibu balita menjadi faktor penting dalam keberhasilan kelas ibu balita. Salah satu faktor keberhasilan dalam kelas ibu balita adalah pemilihan media dan metode yang tepat. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh video learning multimedia dan buzz group terhadap pengetahuan ibu balita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Pra-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest - Posttest Design. Populasi sebanyak 33 ibu balita dalam cakupan polindes 6 Dusun Pesantren Kecamatan Kepanjen. Besar sampel sebanyak 31 ibu dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kelas ibu balita. Sebelum perlakuan 64,5% berpengetahuan cukup dan 35,5% responden berpengetahuan kurang. Setelah perlakuan, seluruh responden berpengetahuan baik. Pada Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan α 0,05 didapatkan nilai p 0,000, oleh karena p < α maka ada pengaruh video learning multimedia dan buzz group sebagai upaya peningkatan pengetahuan ibu balita tentang kesehatan anak. Kata Kunci : Kelas ibu balita, Video learning multimedia dan buzz group, Pengetahuan